Cara Flash Stock ROM di Realme 5 Pro [Harus UBL]

Cara Flash Stock ROM di Realme 5 Pro [Harus UBL]

Diartikel kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial yang cukup bermanfaat untuk para pengguna perangkat Realme 5 Pro. Tips yang akan saya bagikan kali ini adalah Cara Melakukan Flash Stock ROM pada perangkat Realme 5 Pro dengan codename RMX1971.

Hal ini banyak dibutuhkan banyak user karena mungkin banyak yang tidak mengetahui cara lengkapnya dan apa saja yang dibutuhkan untuk bisa melakukan flashing stock ROM pada perangkat.

Ada beberapa hal yang membuat para user ingin kembali menggunakan Stock ROM atau kembali ke versi sebelumnya dimana hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukan.



Alasan Flash Stock ROM

  • Custom ROM terasa lebih berat dan performa pada perangkat jauh menurun
  • Beberapa user lebih nyaman tampilan default atau Stock ROM yang cukup responsive dan dapat diubah-ubah.
  • Stock ROM terasa memiliki fitur yang jauh lebih menarik dibandingkan Custom ROM.
  • Beberapa user menggunakan cara ini juga untuk melakukan downgrade versi, namun jika perangkat kamu belum UBL atau masih dalam status Lock Bootloader bisa mengikuti tutorial di artikel Cara Roll Back ke Android 9 Realme 5 Pro.

Itulah alasan-alasan yang biasa saya dengar dari user perangkat Realme 5 Pro ini. Selanjutnya kamu bisa mengikuti beberapa intruksi yang saya berikan seperti beberapa bahan dan alat yang dibtuuhkan serta mengikuti metode di artikel ini dengan baik.


Syarat Flashing

  • Pastikan perangkat kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup atau minimal 10 GB pada internal storage.
  • Baterai pada perangkat Realme 5 Pro minimal 50% dan lebih direkomendasikan untuk melakukan full charge.
  • Perangkat sudah dalam keadaan Unlock Bootloader dan sudah terpasang TWRP.

Cara Flash Stock ROM

  1. Pertama kamu bisa mengunduh OTA pada situs Official Realme yang kamu sesuai dengan selera kamu.
  2. Kemudian masuk ke TWRP (gunakan TWRP by BabluS).
  3. Setelah itu lakukan wipe data, dalvik, cache, system dan vendor.
  4. Lalu kamu bisa klik menu Install dan flash file ozip yang sudah kamu unduh tadi.
  5. Jika kamu mendapati pesan ini "Mount : failed to mount /dev/block/bootdevice/by-name/userdata at /data:Device or resource busy", abaikan saja.
  6. Bila proses flashing sudah selesai, kamu bisa flash VBMeta (optional).
  7. Selanjutnya kamu bisa lakukan format data agar SD Card dapat terbaca.

Decrypt Ozip di TWRP akan memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 1-5 menit


FAQ

Bagaimana mengatasi masalah pada Setup Wizard ?

Untuk bisa mengatasi masalah ini sebenarnya kamu hanya perlu melakukan format data sekali lagi. Setelah itu silahkan kembali masuk ke Halaman Utama dan gunakan perangkatmu dengan tenang.


Bagaimana mengatasi boot ke TWRP kembali setelah pasang ROM ?

Jika kamu mengalami masalah boot ke TWRP kembali setelah memasang ROM ada 1 hal yang bisa kamu lakukan dan ini mampu mengatasi masalah tersebut.

Kamu perlu menghapus semua file yang ada di folder /data kecuali folder Media. Setelah itu kamu bisa lanjut reboot namun bila masih tetap begitu silahkan lakukan penginstalan ulang.


Bagaimana mencegah TWRP menghilang pada Realme UI ?

Ada laporan bahwa bagi pengguna perangkat yang menggunakan OS Realme UI akan kehilangan TWRPnya jika melakukan tutorial ini. Jadi untuk mencegahnya ada yang perlu kamu lakukan setelah melakukan flashing ROM.

Kamu perlu flash vbmeta lalu mount dan selanjutnya pergi ke /vendor lalu hapis file recovery.from.boot.p yang ada didalam folder tersebut.

Itulah cara flash stock ROM pada perangkat Realme 5 Pro dengan codename RMX1971. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu semua pengguna perangkat Realme ini.