Cara Fix NerfBreak dan Ghost Touch pada Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Cara Fix NerfBreak dan Ghost Touch pada Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Cara Fix NerfBreak dan Ghost Touch pada Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Jika kamu merupakan pengguna device Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan codename Tulip pastinya sudah merasakan bug pada device ini. Mungkin ada yang belum merasakan masalah bug yang satu ini namun mungkin nantinya kamu juga akan merasakannya dan kamu harus melakukan hal yang ada pada artikel ini.

Masalah yang saya bahas kali ini adalah Ghost Touch dan Nerfbreak. Kedua masalah ini merupakan masalah terparah untuk saat ini pada device Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini karena asal mula dari permasalahan ini adalah firmware yang mengalami bug.

Sudah ada banyak user yang mengalami kedua masalah dari firmware ini dan akhirnya dapat difix dengan bantuan developer. Oleh karena itu saya akan membagikan cara fix kedua permasalahan tersebut pada device Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan codename Tulip.

NerfBreak Fix

Masalah yang pertama ini cukup menyusahkan. Pasalnya kamu harus membongkar file-file system namun tidak satu per satu melainkan satu folder sekaligus.

Saya sendiri tidak tau siapa penemu tutorial fix NerfBreak ini namun sudah banyak yang mengatakan tutorial ini work dan dipasang dibeberapa Grup Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

Berikut ini cara simpel untuk memperbaiki masalah NerfBreak pada device Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan codename Tulip.
  1. Pertama buka aplikasi File Manager atau aplikasi sejenis lainnya yang dapat membuka folder System menggunakan akses Root.
  2. Setelah itu pergi ke /data/system dan cari folder "Users" dan hapus folder tersebut.
  3. Jika sudah terhapus kamu bisa lakukan Reboot System untuk menyimpan tindakan penghapusan tersebut dan mengatur ulang pengaturan pengguna (bukan system).

Ghost Touch

Permasalahan yang satu ini meresahkan banyak sekali pengguna device Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan codename Tulip. Kenapa ? karena ghost touch ini sulit untuk dikendalikan. Layar kamu akan sulit dikontrol karena akan banyak sentuhan yang tidak jelas asalnya me-klik aplikasi atau hal lain yang ada di device kamu.

Namun ada 2 developer yang berusaha menyiapkan patch fix untuk masalah ini yaitu Fadhillah_Chan dan VoueuSou. Developer Fadhillah menemukan fix untuk masalah ini dengan menambahkan beberapa baris perintah pada Build.prop seperti dibawah ini.

touch.pressure.scale=0.001
persist.service.lgospd.enable=0
persist.service.pcsync.enable=0
ro.ril.enable.a52=1
ro.ril.enable.a53=0
persist.sys.ui.hw=1
view.scroll_friction=10
debug.composition.type=gpu
debug.performance.tuning=1
touch.deviceType=touchScreen touch.orientationAware=1 touch.size.calibration=diameter touch.size.scale=1
touch.size.bias=0
touch.size.isSummed=0
touch.pressure.calibration=physical touch.pressure.scale=0.001 touch.orientation.calibration=none touch.distance.calibration=none
touch.distance.scale=0
touch.coverage.calibration=box
touch.gestureMode=spots
MultitouchSettleInterval=1ms
MultitouchMinDistance=1px
TapInterval=1ms
TapSlop=1px

Baris tersebut ada pada file yang bisa kamu download lewat link dibawah ini dengan ukuran yang hanya sekitar 1.6 KB saja.


Langkah fix :
  1. Kamu bisa masuk ke TWRP dengan menekan tombol Power + Vol UP secara bersamaan.
  2. Setelah itu lakukan 2 Wipe yaitu Dalvik dan Cache.
  3. Kemudian kamu bisa flash file fixtouch.zip pada menu Install.
  4. Tunggu proses instalasi selesai (kurang dari 5 detik) dan kamu bisa klik Reboot System.

Dengan begitu layar pada smartphone Xiaomi Redmi Note 6 Pro kamu sudah tidak mengalami masalah Ghost Touch lagi.

Itulah cara mengatasi NerfBreak dan Ghost Touch pada Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan codename Tulip. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu semua pengguna device ini.