Cara Fix Seluruh Masalah pada device Xiaomi Redmi Note 8

Cara Fix Seluruh Masalah pada device Xiaomi Redmi Note 8
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips lagi untuk device Xiaomi. Pembahasan kali ini tentang memperbaiki setiap masalah pada device Xiaomi Redmi Note 8 dengan codename Ginkgo. Tentunya kamu akan menemukan penyelesaian masalah yang kamu alami disini.

Ada banyak permasalahan yang bisa saja terjadi pada device kamu dan begitulah yang terjadi. Biasanya masalah-masalah ini terjadi karena kamu melakukan penginstalan atau menghapus file-file yang dianggap penting pada device sehingga ketika dihapus merusak salah satu fungsi dari smartphone.

Untuk bisa melakukan perbaikan pada setiap masalah ini device kamu harus sudah dalam keadaan Unlock Bootloader, Terinstal TWRP dan sudah Rooted. Nah, untuk itu garansi smartphone kamu bisa saja hilang. Maka dari itu tidak saya rekomendasikan tutorial ini untuk kalian yang masih baru menggunakan device dan masih membutuhkan garansi.

Sensor Tidak Berfungsi

Pada masalah yang pertama ada pada Sensor dimana semua sensor tiba-tiba tidak bekerja. Ada salah satu user Xiaomi Redmi Note 8 yang mengalami masalah ini dan berhasil di fix.

Ada beberapa sensor yang terdapat pada device Ginkgo ini yaitu Akselerometer, Cahaya, Orientasi, Jarak Dekat, Suhu, Giroskop, Mic, Magnet dan Tekanan.

Bagaimana cara memperbaiki masalah Sensor ini ? berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Buka aplikasi Terminal Emulator.
  2. Kemudian ketik su untuk memberikan izin akses root pada aplikasi.
  3. Setelah itu kamu bisa copy perintah ini chcon -R u:object_r:sensors_persist_file:s0 /mnt/vendor/persist/sensors dan pastekan.
  4. Lalu kamu bisa langsung Reboot setelah proses selesai.

Migrate Error

Jika kamu sudah lama mengenal tentang firmware atau sejenisnya pasti mengetahui fungsi dari aplikasi Migrate ini. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menyimpan seluruh data kamu dan bisa tetap ada setelah mengganti firmware atau cusrom.

Untuk mengatasi masalah error migrate ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mendownload file dibawah ini dan mengikuti tutorial yang tidak sulit ini.


  1. Pertama buat Folder di Internal Storage dengan nama "backup".
  2. Kemudian extrack file Backup dari Migrate yang kamu buat di dalam folder tersebut (Jangan extract 2 file backup dalam satu folder).
  3. Setelah itu masuk ke TWRP dengan menekan tombol Power + Volume Atas dan instal file twrp_extract_SAR.zip yang sudah kamu download tadi.
  4. Lalu kamu bisa klik Reboot dan kamu bisa melakukan restore data lewat Aplikasi Migrate Helper.

Notifikasi Delay

Masalah lainnya adalah Notifikasi Delay karena menggunakan aplikasi dari backupan. Ada beberapa pengguna yang mengalami masalah ini dan developer dari Xiaomi Source Indonesia membagikan trik untuk mengatasi masalah ini.

Kamu tidak perlu mendownload file dan menginstal di TWRP karena disini kamu hanya perlu menggunakan alikasi Terminal Emulator. Begini caranya !
  1. Buka aplikasi Terminal Emulator.
  2. Kemudian kamu bisa ketik su dan ketik enter untuk memberi izin akses root.
  3. Lalu ketik perintah cd /data/data.
  4. Setelah itu find . -type f -name '*gms*' -delete.
  5. Jika sudah selesai semua, kamu bisa ketik reboot.

AUX Camera

Untuk masalah kali ini mungkin tidak semua pengguna merasakannya. Masalah AUX Camera ini muncul kembali pada ROM dengan OS Android 10. Tutorial ini dibagikan oleh AthleanX21 pada 24 Mei 2020 lalu.

Kamu bisa mendownload bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya file Fix, Camera dan Config. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan fix pada AUX Camera.


  1. Pertama kamu harus menghapus module sebelumnya.
  2. Lalu kamu bisa restart smartphone kamu.
  3. Selanjutnya kamu bisa file Module ini.
  4. Sekarang kamu bisa menginstal aplikasi GCam TrCamera dan Confignya.

Universal Camera

Jika kamu mengalami masalah pada Universal Camera bisa mengatasinya dengan mudah. Kamu hanya perlu menginstal file fix dibawah ini melalui TWRP dan masalah yang kamu alami pada Universal Camera sudah berhasil di fix.


Titanium Backup Crash

Jika tadi aplikasi Migrate, sekarang ini adalah aplikasi Titanium Backup. Kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu membackup seluruh data pada device kamu. Masalah yang dialami user biasanya adalah aplikasi Titanium Backup crash saat dibuka.

Untuk mengatasi masalah ini sangatlah mudah. Kamu tidak perlu menginstal patch apapun hanya menghapus beberapa file saja. Berikut ini cara fix titanium backup crash.
  1. Pertama Uninstall aplikasi Titanium Backup kamu.
  2. Kemudian buka folder /data/data/.
  3. Setelah itu hapus folder bernama com.keramidas.TitaniumBackup.
  4. Lalu kamu bisa memasang kembali aplikasi Titanium Backup.

Itulah cara fix beberapa masalah yang terjadi pada device Xiaomi Redmi Note 8 dengan codename Ginkgo. Tentunya semua cara ini sudah diuji coba dan berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pengguna device Ginkgo.

Belum ada Komentar untuk "Cara Fix Seluruh Masalah pada device Xiaomi Redmi Note 8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel