Cara Terbaru Menghapus File Sampah yang Tersembunyi [Manual]

Cara Terbaru Menghapus File Sampah yang Tersembunyi [Manual]

Cara Terbaru Menghapus File Sampah yang Tersembunyi [Manual]'
Diartikel kali ini saya akan membahas tentang file-file sampah pada smartphone kamu. Pastinya kamu bingung dengan ruang penyimpanan yang terkuras padahal aplikasi pada smartphone kamu sedikit bahkan datanya juga tidak besar.

Sebenarnya ada aplikasi yang memang berukuran kecil namun menghasilkan file cache yang besar dan menguras ruang penyimpanan. Biasanya file ini tidak dikategorikan sampah oleh aplikasi jadi bila menggunakan fitur pembersih tidak akan otomatis terhapus.

Namun file-file sampah ini dapat ditemukan yang artinya tidak disembunyikan. Hal ini membuat tutorial ini lebih mudah untuk dilakukan. Perlu kamu ketahui juga bahwa membersihkan ruang penyimpanan dari sampah ini tidak hanya melegakan ruang penyimpanan saja namun juga meningkatkan performa pada smartphone kamu.

Penyebab Penyimpanan Penuh

Adanya penumpukan cache dari satu aplikasi yang jarang diperhatikan maupun dibersihkan sehingga lama kelamaan cache semakin banyak dan sizenya semakin besar.

Tertinggalnya bekas file yang sudah pernah dihapus seperti Gambar, Data Aplikasi/Game dan aplikasi jenis lainnya. Biasanya file-file ini terdeteksi file lainnya pada indikator penyimpanan.

Berikut ini yang biasanya memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone Android bisa berupa cache dan yang lainnya :
  • Whatsapp, dan sosial media lainnya
  • Foto dan Video di Galeri
  • Data Game

Cara Membersihkan File Sampah

Ada beberapa file yang menurut saya pasti cukup besar ukurannya di smartphone kamu. Saya akan memisahkan tutorial ini menjadi beberapa bagian agar mempermudah kamu menghapus semua file-file sampah tersebut.

WhatsApp Database

Biasanya file-file ini memiliki ukuran yang cukup besar di smartphone kamu. Contohnya pada smartphone saya yang ukuran setiap filenya 150 MB lebih jadi total memakan ruang penyimpanan sekitar 1 GB lebih.

Kamu bisa menghapus file-file sampah tersebut di folder WhatsApp Database. Kamu bisa cari folder tersebut di Internal > WhatsApp > Database. Silahkan hapus saja semua file itu dan tidak akan ada hal penting yang hilang pada aplikasi WhatsApp kamu.

File Sampah pada WhatsApp Database

Video dan Voice Notes WhatsApp

Masih di aplikasi WhatsApp, dimana hal yang memakan ruang penyimpanan dari aplikasi ini adalah Video dan Voice Notes. Biasanya untuk akan ada salinan file Video yang sudah kamu kirim ke kontak lain dan masih tersimpan pada folder ini.

Selain video, Voice Notes juga memiliki ukuran yang cukup besar bila sudah menumpuk dan tidak dibersihkan. Lihat ukuran kedua folder tersebut milik saya yang masing-masing menyentuh 100 MB padahal sebelumnya sudah pernah saya hapus.

Untuk menghapus file video kamu bisa pergi ke folder Internal > WhatsApp > Media > WhatsApp Video.

File Sampah di Folder WhatsApp Video

Sedangkan untuk menghapus file Voice Notes kamu bisa pergi ke folder Internal > WhatsApp > Media > WhatsApp Notes.

File Sampah di Folder WhatsApp Voice Notes

MIUI Cloud (Hanya Xiaomi)

Untuk file yang memakan banyak ruang penyimpanan ketiga ini hanya ada di smartphone Xiaomi tepatnya pada MIUI Cloud. Jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi pastinya sudah tau fungsi dari fitur ini.

Fitur ini berfungsi mencadangkan file-file kamu secara otomatis (bila kamu beri izin) dan kebanyakan file-file yang di cadangkannya ini termasuk dalam kategori sampah yang artinya sudah kamu hapus dari Gallery namun dicadangkan dan terdapat file sisanya didalam folder khusus.

Kamu bisa menghapus file-file sampah dari MIUI Cloud ini pada folder Internal > MIUI > Gallery > Cloud > Cache.

Selain pada folder tersebut, pada folder yang berada di Internal > MIUI > Video ini juga cukup banyak menyimpan cache. Kamu juga dapat menghapusnya jika memakan ruang yang cukup banyak.

Sampah File pada MIUI Cloud

Itulah 3 file yang biasanya memakan ruang penyimpanan hingga bergiga-giga. Pastikan kamu melihat statistik penyimpanan kamu sebelum menjalankan tutorial ini agar terlihat seberapa besar file sampah pada smartphone kamu.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Cleaner yang ada di Google Play Store, namun tidak menjamin semua file-file tersebut dapat dihapus karena biasanya file tersebut tidak terdeteksi sampah. Oleh karena itu kamu harus menghapus secara manual file-file tersebut.